Tutorial Cara Update Android Versi Terbaru

Melakukan update android itu tidak dapat dijalankan secara langsung namun harus bertahap. Jika belum mengetahui caranya, dapat mempelajari tutorial update android versi terbaru seperti yang diuraikan di bawah ini. Terutama bagi mereka yang mau melakukan update antar OS. Jadi bukan dari android 3G yang dirubah menjadi 4G LTE.

Upgrade atau update android merupakan sebuah proses yang tujuan utamanya adalah untuk merubah sistem operasi android dari versi lama dengan versi android yang lebih baru. Semua harus dilakukan dengan hati-hati. Kesalahan, meski hanya sedikit saja dapat membuat ponsel mati dan tidak dapat dioperasikan lagi.

Tahapan-tahapan update android

Sebelum semua langkah dijalankan, harus diketahui lebih dulu versi android pada hand phone yang digunakan. Caranya, buka menu setelan atau pengaturan atau setting lebih dulu. Setelah itu buka menu ‘tentang ponsel’ atau ‘about ponsel’. Dari sini akan terlihat OS atau operating sistem yang ada pada smartphone tersebut.
Update Android

Setelah mengetahui sistem OS android yang dipakai, update bisa dilakukan dari tahap kesatu hingga tahapan berikutnya. Misalnya untuk dari android Ice Cream Sandwich atau ICS di-upgrade menjadi android Jelly Bean atau JB. Selanjutnya android JB di-upgrade lagi menjadi Kit Kat atau KK dan seterusnya hingga menjadi android terbaru yaitu MarshMallow.

Syarat utama yang harus dipenuhi dalam menjalankan trik update android versi terbaru ini adalah smartphone tersebut tidak pernah di-root sebelumnya. Tujuannya agar dapat menerima aplikasi update dari vendor resminya. Jika sudah pernah di-root, ada kemungkinan teknik ini tidak dapat berjalan lancar.

Langkah melakukan update android

Langkah pertama yang harus dilakukan saat melakukan update android adalah menghidupkan smartphone lalu akses internetnya diaktifkan. Selain itu daya baterainya harus dalam keadaan penuh atau minimal 60%.

Setelah semua syarat tersebut terpenuhi, menu ‘setelan’ atau ‘setting’ dibuka dan temukanlah menu ‘tentang ponsel’ atau ‘about ponsel’. Apabila sudah muncul halaman baru, menu yang bertuliskan ‘pembaruan software’ atau ‘pembaruan sistem’ atau kalimat lain dengan arti yang sama.

Dari sini kemudian tombol ‘perbarui’ diklik dan ditunggu hingga proses pengecekan berjalan dari server. Apabila ada pembaruan akan muncul pertanyaan apakah pembaruan tersebut mau didownload sekarang atau nanti. Untuk singkatnya pilih tombol ‘unduh pembaruan sekarang’ lalu ditunggu sampai proses download selesai.

Jika semua petunjuk update android versi terbaru ini dilakukan dengan benar serta tidak ada kesalahan yang terjadi, pembaruan dapat berjalan secara otomatis. Setelah itu smartphone akan reboot atau restart sendiri hingga beberapa kali.

Melakukan update android yang telah di-root

Untuk pemilik ponsel yang kondisinya pernah di-root, tetap dapat melakukan update android terbaru tetapi harus memakai CM atau Custom ROM Cyanogen. Aplikasi ini bisa didownload melalui situs resminya yang alamatnya ada di https://download.cyanogenmod.org/.

Setelah situs tersebut dibuka, cari nama ponsel atau sistem android yang dipakai dalam menu ‘devices’. Selanjutnya download aplikasi tersebut dan disimpan dalam SD card dengan folder baru.

File aplikasi CyanogenMod ini bisa dipakai untuk mengganti ROM bawaan. Namun sebelum dijalankan sebaiknya semua file diback up lebih dulu. Karena setelah diganti dari stock ROM menuju custom ROM, semua data yang sebelumnya tersimpan akan menjadi hilang semua.

Proses installasi dengan CyanogenMod

Sebelum teknik update android versi terbaru dengan CyanogenMod dilakukan, sebaiknya smartphone dimatikan atau di-non aktifkan. Setelah itu masuk CWM Recovery dengan cara menekan tombol home, volume Up dan tombol power secara bersamaan.

Dari sini kemudian pilihlah menu ‘backup and restore’ dan sebagai cadangannya harus dipilih menu ‘backup’ lebih dahulu. Setelah itu pilih lagi menu ‘Wipe Date/factory reset’ dan ‘Install Zip from SDCard’ diteruskan dengan menu “Choose ZIP from SDCard’.

Selanjutnya pilih file aplikasi ROM CyanogenMod yang tadi sudah didownload dan tunggu hingga proses instalasi selesai. Dari sini semua proses diulang lagi untuk menginstall GApps. Setelah semuanya selesai, yang terakhir adalah menekan menu “Reebot system now!’. Maka secara otomatis update android terbaru sudah berjalan.

Demikian penjelasan singkat teknik dan tutorial update android versi terbaru yang dapat dilakukan tanpa menggunakan komputer. Semoga bisa bermanfaat untuk semuanya, terutama para pengguna smartphone. 

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments