Perbedaan Clear App Cache dengan Clear App data di Android

Mungkin banyak dari kita yang sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Hal ini dikarenakan fungsi clear app cache dan clear app data cukup sering digunakan di Android baik untuk membersihkan memori yang mulai penuh atau pun untuk memperbaiki masalah yang sering terjadi di aplikasi di Android.

Namun, tahukan Anda perbedaan di balik fungsi clear app cache dengan clear app data di Android? Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan berikut:

Perbedaan Clear App Cache dengan Clear App 

Clear App Data

Clear app data adalah sebuah fungsi yang terdapat pada bagian setting sebuah aplikasi. Dengan menghapus data aplikasi maka akan membuat aplikasi yang bersangkutan kembali kepada posisi awal. Kembali ke posisi nol ketika pengguna belum melakukan apapun terhadap aplikasi tersebut alias menjadi persis seperti ketika aplikasi tersebut baru saja diinstal.

Clear App Cache

Sebelum membahas fungsi dari clear app cache ada baiknya kita memahami terlebih dahulu mengenai apa yang dimaksud denan cache.

Cache adalah memori-memori yang tersimpan secara sementara yang dihasilkan oleh sebuah aplikasi. Tujuan dari adanya cache  ini sendiri adalah untuk meningkatkan kecepatan dan kenyamanan ketika mengoperasikan sebuah aplikasi yang beroperasi serta mengurangi jumlah data yang diproses dan dikonsumsi.

Pernahkah Anda merasa waktu yang dibutuhkan untuk membuka aplikasi pada beberapa saat setelh sebuah ponsel pintar dinyalakan memakan waktu yang lebih lama ketika kita mencoba untuk membuka aplikasi tersebut pada saat yang kedua, ketiga dan seterusnya.

Bukan hanya Anda satu-satunya orang yang merasakan hal tersebut. Pembukaan aplikasi yang dapat berlangsung secara lebih cepat pada saat pembukaan kedua, ketiga dan seterusnya dikarenakan telah adanya cache yang tersimpan di memori ponsel pintar sehingga ponsel Anda tidak perlu untuk meminta dan memproses data itu lagi karena masih tersimpan di memori ponsel dan hanya perlu untuk diakses kembali.

Sebenarnya hal semacam ini juga tidak hanya berlaku bagi aplikasi namun juga website. Website-website yang ada di internet dapat terbuka lebih cepat ketika Anda sudah pernah membuka website tersebut terlebih dahulu sebelumnya.

Yang perlu diingat adalah dengan menghapus cache sebuah aplikasi tidak berarti ponsel Anda dapat menjadi lebih jauh cepat performanya. Bahkan, menghapusnya dapat membuat proses membuka aplikasi tersebut kembali menjadi lebih lama.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Clear App Cache atau Clear App Data

Pada kenyataannya memang ada beberapa saat di mana kita perlu untuk menghapus data atau pun cache dari sebuah apikasi. Pertama adalah ketika Anda harus membebaskan memori Anda sehingga memiliki ruang kosong yang lebih besar. Hal ini dikarenakan terkadang beberapa aplikasi menyimpan data sementara yang sangat besar padahal data tersebut sudah tidak digunakan lagi. Pada saat itulah salah satu saat yang tepat untuk menghapus data atau pun cache dari sebuah aplikasi.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments